Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pia Saronde, Kue Khas Gorontalo yang bikin Ngiler Wisatawan

Sabtu, 14 November 2020 | 10:00 WITA Last Updated 2020-11-14T05:56:10Z
Pia Saronde (Foto: Sarjan Lahay) 

Setiap kali berkunjung di sebuah daerah, pasti wajib bagi wisatawan manapun di dunia, harus mendapatkan oleh-oleh di daerah yang dikunjunginya. Oleh-oleh yang di dapatkan ada yang berupa gantungan kunci, makanan, alat musik, hiasan dinding hingga produk masyarakat yang ada di daerah itu.

Di gorontalo, ada sedikit menarik, karena oleh-oleh khas daerah ini sangat beragam. Namun yang paling dikenal sejak dulu adalah Pia Saronde, kue kering dengan isi berbagai rasa.

Ketika ingin berkunjung ke Gorontalo, pasti nama Pia Saronde akan terbisik ke telinga para wisatawan. Mengapa tidak, kue yang legendaris itu menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan Gorontalo

Sepintas dilihat memang bentuknya hampir sama dengan Pia-Pia yang lain yang pernah di jumpai, sebab Pia Saronde itu berbahan dasar yang terdiri dari Tepung terigu, Minyak nabati, Margarin, Susu, Gula dan Telur.

Namun Pia Saronde ini mempunyai sesuatu yang istimewa, selain bentuknya yang lebih besar dari Pia lain, Pia Saronde ini sangat renyah dengan sekali gigitan ketika kita ingin merasakannya. isi coklat yang ada di dalamnya ikut menambah sensasi rasa nikmatnya.

Tak hanya berisi Coklat, untuk para pecinta keju, Pia Saronde terdapat dua varian yang berisi keju, yaitu kue pia isi keju dan kue pia lilit keju. Sedangkan bagi para penggemar buah durian, Pia Saronde juga menyiapkan yang berasa durian. Bahkan Rasa khas durian dan gurihnya adonan kue pia akan memberikan cita rasa tersendiri di lidah para penikmatnya.

Selain itu, ada pula kue pia Saronde dengan varian kacang tanah, krim susu, dan kacang ijo pandan yang siap untuk memanjakan lidahmu. Itu yang menambah cita rasa yang exotis dari kue khas Gorontalo itu, dan sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh untuk keluarga.

Selain bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga tercinta, Pia Saronde juga bisa menjadi buah tangan yang menarik untuk para sahabat dan handai taulan yang berada di luar daerah Gorontalo khususnya dan sekaligus mengenalkan ciri khas makanan asli daerah tersebut yang patut kita banggakan.

Tapi jangan lupa juga, kue Pia Saronde juga bisa menjadi oleh-oleh yang istimewa buat pasangan atau pacar kita, agar hubungan yang dijalin bisa bertahan sampai pelaminan.

Pia Saronde itu dijual di pusat oleh-oleh yang juga bersama Pia Saronde, yang beralamat beralamat di Jl. Sultan Botutihe No.29, Ipilo, kecamatan Kota Timur, kota Gorontalo, tepat samping mall Gorontalo.

Dengan berbagai varian yang ditawarkan, kue pia saronde mematok harga yang cukup terjangkau bagi para pembeli. Satu kotak ukuran kecil dapat dibawa pulang dengan membayar Rp 25.000 sedangkan untuk ukuran besar dengan berat bersih sekitar 600 gram dijual dengan harga Rp 45.000

Pia Saronde yang dikenal sejak lama itu, menjadi makanan khas Gorontalo, dan memiliki Cita rasa khas yang terus dipertahankan, membuat tempat pusat oleh-oleh Gorontalo yang bersama Pia Saronde itu tak pernah sepi pengunjung.

Pusat oleh-oleh Pia Saronde dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 22.30. Dengan interior dominan material kayu yang kekinian, tempat ini memberikan kesan nyaman saat dikunjungi.

Bukan hanya itu, saat mengunjungi pusat oleh-oleh yang bersama Pia Saronde itu, pengunjung juga dapat menjumpai berbagai souvenir khas dan jajanan tradisional daerah Gorontalo juga tersedia di tempat ini. Misalnya kain khas Gorontalo yang dikenal dengan nama kain Kerawang serta Kopiah Keranjang khas Gorontalo yang terbuat dari anyaman rotan.

Di tempat itu juga terdapat gula-gula soba yang merupakan permen khas Gorontalo yang terbuat dari campuran gula aren dan santan kelapa yang ditambahi kacang tanah, serta kue Kerawang, sejenis kue kering yang diatasnya diberi lukisan warna-warni dengan motif bunga, burung, dan berbagai gambar untuk mempercantik tampilan kue tersebut.

Ada pula kaos dan gantungan kunci dengan tulisan dan gambar khas daerah Gorontalo diantaranya kendaraan khasnya yang disebut bentor (becak motor), patung pahlawan Nasional Indonesia asal Gorontalo, Nani Wartabone, baju adat Gorontalo, dan lain sebagainya.

Pelayanan dari para karyawannya yang sangat raman menjadi nilai tambah. Sebab setiap kali kita membayar hasil pembelian kita dari kasir, karyawan menutup transaksi jual beli dengan mendoakan kelancaran rezeki bagi para pembeli.
×
Berita Terbaru Update